Skip navigation

Akhir-akhir ini marak bener persoalan susu formula yang terkontaminasi bakteri SakaZaki (namanya funky juga ya =p)
Demo ibu-ibu yang ngebuang susu-susu formula ke dalam ember bener-bener miris…susu kan mahal…tapi apa daya…pemerintah cukup lamban untuk memberitakan produk-produk susu yang benar “terjangkit” si bang Zaki ini…

Saya pribadi memang belum punya anak dan kalopun punya anak kepinginnya pake ASI …mungkin beberapa orang yang luar biasa mendukung ASI bisa dengan entengnya beranggapan “kenapa ga pake ASI?”… wadu…syulit juga ya…disisi lain ASI memang sangat disarankan…tapi mungkin juga kan kalo ASI itu ga bisa keluar lantaran sang Ibu ga punya gizi yang cukup gara-gara kekurangan makan … kayanya ini menjadi masalah yang cukup dilematis. (sok ngomong penting tapi gak berbobot ala Siti F. Supari)

Yang bikin saya gemes adalah tingkahnya SITI Fadillah Supari…
Sebagai menteri kesehatan seyogyanya dia bisa bersikap lebih mengenai hal ini. Setidaknya, berikanlah penjelasan yang paling sederhana kalau bakteri tersebut bisa mati di atas 70 derajat celcius.

Tapi sayang sekali…di beberapa wawancara yang saya lihat hari ini dia tidak bersikap seperti itu.
Melihat dia sedikit emosi kalau sedang berkelit atas tindakan pemerintah yang lamban dan lalu mengunder-estimate sang peniliti (yang ujung-ujungnya menggelitik konflik antara tim peneliti IPB dan dirinya) rasanya seperti melihat gaya bicara Mbok Ning, pedagang sayur yang biasa mangkal di lapangan dekat rumah saya.

Ini dia secuil kata-kata BUSITi yang sempat terekam oleh saya (maap ga semuanya, karena saya udah cukup sebal untuk mendengar kelanjutan gaya bicaranya yang ga terkontrol itu):

“Apa itu, penelitian apa…Kenapa tiba-tiba aja mau meneliti hal seperti itu “
–> Bukankah kasus sang bocah yang meninggal cukup jadi trigger untuk para peneliti untuk menilik apa penyebab musababnya?

“Itu kan, ga semua lah, itu…kan ga semua susu formula terkontaminasi bakteri itu..apa namanya…”
–> bingung kan dia ngomong apa? emang itu dia ciri khas statementnya madam Supari yang konon bikin saya cukup gemes dan selalu bertanya-tanya *Kenapa sihh orang kaya dia bisa jadi menteri kesehataannnnn…?!*??&$?!!*

“Ibu-ibu jangan takut, silahkan menkonsumsi susu formula, saya jamin, kalau ada apa-apa pemerintah yang tanggung”
–> ck ck ck…segitu yakinnya…tanpa memberikan alasan yang jelas….(so typical!)

Bukannya saya kepingin menjatuhkan Madam Supari, tapi memang bener ini dari hati saya yang terdalam saya ga pernah merasa dipuaskan oleh jawaban-jawaban BUSITi. Semuanya terkesan BULSIT, tanpa dasar dan penjabaran yang jelas. (Tentu kita masih ingat bagaimana BUSITi berbicara soal flu burung dan SAR toh?)

Singkat kata, singkat cerita,

  • sebagai dokter kok dia ga bisa menjelaskan dengan baik…nama bakterinya aja lupa..(mungkin ada yang nonton dia di lain wawancara & tidak menemukan kata-kata yang saya sadur di atas, tapi di wawancara yang saya liat ituh ya dia hanya berbicara seperti itu adanya, kumur-kumur seperti biasanya)
  • Sebagai menteri kok dia tidak mampu memberikan penjelasan yang menenangkan rakyat…
  • Sebagai tokoh masyarakat kok susah menahan emosi kalo di tekan sama press…(heran…bukannya orang besar itu bisa bersikap lebih bijak?–berarti dia memang ga layak untuk jadi orang besar kali : tobil anak kadal menyeletuk:)

sedikit gosiip juga ah (mumpung blog saya ga terkenal alias jarang pembaca…denger-denger…Disertasi yang diissue BUSITi sewaktu masa kuliahnya adalah hasil plagiat semata…(pantes saja)
DAN, BUSITi ini ternyata tiap minggu tidak pernah absen ngirimin roti ke Bu Ani di masa reshuffle kabinet…(ck ck ck… PANTESSSSS ….)

Ngelantur itu hobi saya, jadi kalo omongan-omongan saya yang di atas itu kurang berkenan ya tulung dimaapkeun aja…toh saya kan bukan mentri …=p

17 Comments

  1. ibu kurang gizi kok mampu beli susu?alasan tak bisa diterima.asi itu dikontrol sm pikiran jg jeng. the power of mind. gw sih jelas, menganjurkan, menyarankan, memaksakann, spy prempuan2 ngasi ASI aja ke bayi. (diracuni mbak irin):D

  2. Intinya ada aja ibu yang ga keluar ASInya & pada akhirnya harus beli susu…( coba tanya sama ibu-ibu -bukan ibu muda – yang ga keluar asinya) bgitu non…tapi teteupp…Hidup ASI!

  3. itu, kata ibu2 yg mengeluarkan asi, makanya ada usaha2nya supaya bisa. salah satunya dengan cari inpo seputar itu. gitu loh maksud gw. betewe, lo kapan jeng punya anak? tar gw kasi tau deh yg mbak irin bilang ke gw seputar asi.. wakakakkk!

  4. kali ini saya melihat tulisan ajeng yg penuh bobot, berat bacanya, tapi keren….btw…demo dunk para calon ibu…minta kejelasab agar calon anak2nya nggak jadi korban..kikikikikkkkk

  5. waa..laen drpd byasanya mbak.. mgugat mentri niih?? ntar klo ada apa2, aq jadi back upnya mbak deh..*nakut2in nih*hehe…yasutra, mbak ajenk perbanyak gizi dr skr.. jadi ntar pas pny anak, anaknya dikasi asi truuus…🙂

  6. ambil sisi positifnya aja kali ya..ini peringatan buat ibu-ibu supaya jangan ngasih susu selain asi ke anak2nya.. toh memang asi is the best hehe..

  7. dah minum susu ibu ajah, ga terkontaminasi ko’..~_~

  8. hmm.. menarik nih ceritanya, hihi.. btw, aku mampir jg yah *sambil ngajak salaman jg*😉 oya, lagu2nya bagus deh😀

  9. iya… setuju!!! ASI yang paling penting. Tapi.. tau ga sih gw heran liat keponakan gw, sekali nyedot ASI.. weleh10x RAKUS! mpe ibunya gak sanggup lagi tuz akhirnya terpaksa diganti susu formula deh.. Tau ah.. yg pasti kan bukan salah bunda mengandung itu +_+

  10. gyahahahaha…emang tuh payah si ibu menteri kita. gw aja ngekek pas denger dia ngomong gitu…ketok banget oon nya apalagi pas doi bilang * lah..itu kan yang ngelakuin dokter hewan, diujikannya juga ke tikus*gubrakk..!! ya iyalah bu..dimana2 percobaan ya dilakukannya ke tikus mana boleh langsung ke manusia ck ck ck masak gak tau kode etiknya sih buuu…jeng..kayaknya doi perlu ditanya deh.. *bu.. dulu kuliahnya titip absen terus ya ??*wakakakakakakak…hidup asi !!

  11. @ Mas Agus Cuprit…kebetulan saya denger sampeyan yang wakil rakyat..jadi tulung sampeyan saja yang demo-in itu ke pusat ..*ikutan ngikik*@anggagelina: hehe…asikkk dapet backup ;)@anonim : ini BUSITi ya?@^Ray21^ : *ngangguk-ngangguk*@Pythia : *ngajak salam lagi plus cipika cipiki* hehheh@Sassy: Iya…HIDUP ASI!@Ajenk: hehe…ternyata sesama ajenk bisa demo bareng ni…huehhehehe (tapi paling kl di demo BUSITi bakal ngirim roti tiap hari ke Bu Ani :p )<— Kata Tobil Anak Kadal

  12. Anastasiarta – hari ini hari wanita itu. Saya keinginan anda kebahagiaan.

  13. @ bretwalda edwin-highamsusah banget namanya…=)Terima kasih pak…Saya & Tobil pun keinginan Anda kebagian kebahagiaan.

  14. ya tuh BULSIT banget busiti..wakakaka😆

  15. BUSITi bilang jgknp penelitiannya dilakukan di bogor?emang ada yg mencret2?kenapa ga di klaten?see…die ‘SANGAT PEDULI KESEHATAN’, nunggu mencret dulu mencegah?ato mengobati?BUSITiBULSIT

  16. *miris*

  17. bagaimana kalau bu siti diganti dengan lulu? tompi pasti ngerti alasannya…


Leave a Reply

